Sunday, September 3, 2017

Tips Mengambil Foto Agar Terlihat Bokeh

Tips Mengambil Foto Agar Terlihat Bokeh - Perkembangan dunia digital saat ini memang tak bisa dipungkiri lagi. Bagaimana tidak, berbagai inovasi mulai bermunculan, seperti halnya pada sektor fotografi.

Tips Mengambil Foto Agar Terlihat Bokeh

Yap, bagi seorang fotografer mungkin mengambil foto bokeh bukanlah hal yang sulit atau bahkan sudah sangat biasa. Namun untuk anda yang masih amatir atau belum terbiasa dengan dunia fotografi, beberapa inovasi produk dan cara-cara berikut ini bisa membantu anda mengambil foto bokeh dengan lebih mudah dan hasil yang maksimal.

1. Focal Lenght terpanjang
Untuk para fotografer profesional, mungkin produk ini sudah menjadi incaran sejak pertama kali masuk dalam dunia fotografi. Ya, selain bisa membuat foto yang diambil terlihat bokeh, focal lenght juga akan membuat foto terlihat lebih jelas. Benar sekali, semakin panjang focal lenght yang anda gunakan maka akan semakin jelas perbedaan titik fokus pada objek dan backgroundnya. Semisal, anda memiliki lensa dengan panjang 70-220 mm maka atur focal length pada posisi 200.

2. Lensa optik terbaik
Salah satu produk atau media yang akan sangat membantu untuk membuat foto jepretan anda terlihat bokeh adalah lensa dengan kualitas optik terbaik. Dimana semakin baik kualitas lensa ini, maka kesan bokeh akan lebih mudah didapat. Macam-macam lensa optik yang dapat anda gunakan pun sangat beragam, antara lain adalah lensa dengan panjang 18-20mm/f5.6 atau lensa 70-200mm/f2.8.

3. Aperture besar
Pada dasarnya, untuk mendapatkan foto yang bokeh bukanlah berasal dari lensa melainkan dari kamera tersebut. oleh karena itu, hal terpenting yang harus anda lakukan untuk mendapatkan foto bokeh adalah mengatur aperture pada kamera yang digunakan. Setting apeture lensa pada bukaan terbesar. Atau anda pun bisa melakukannya dengan mengaktifkan mode Aperture Priority serta mengubah f ke dalam nilai terkecil (putar ring aperture ke arah berlawanan jarum jam).
Dalam settingan ini, akan secara otomatis anda bisa menurunkan depth of field ke shallow/dangkal.

4. Kurangi jarak kamera dan objek
Meskipun hal sepele, namun sering kali hal ini menjadi kendala mengapa hasil foto yang anda dapatkan kurang maksimal. Dimana sering kali seseorang atau objek berada terlalu jauh dari kamera sehingga untuk mendapatkan fokus pada objek tersebut menjadi sulit.

5. Jauhkan objek dari background
Setelah mengatur jarak antara objek dan kamera, selanjutnya atur objek dengan backgroundnya. Hanya saja, untuk pengaturan background ini sebaiknya jauh dari posisi objek.
Dengan begitu ketika anda mendapatkan fokus pada objek, background pun akan lebih buram karena posisi yang terlalu jauh.

6. Lensa prime
Satu lagi alat yang dapat digunakan untuk membuat hasil foto anda terlihat semakin bokeh, yaitu lensa prime. Prie lens atau fixed lens ini merupakan sebuah lensa yang memiliki focal lenght tunggal atau lensa yang tidak dapat dizoom. Prime lens ini biasanya akan menghasilkan foto bokeh yang begitu bagus, karena pengaturan aperturenya yang begitu besar. Untuk mendapatkan foto yang semakin bagus, jangan lupa untuk selalu berlatih.