Sunday, September 17, 2017

Trik Simple Agar Foto Lebih Tajam

Trik Simple Agar Foto Lebih Tajam - Saat mengambil foto, hasil foto yang blur atau kurang tajam sering kali menjadi masalah utama. Bahkan masalah yang sebenarnya mudah diatasi ini akan begitu merusak hasil foto terbaik anda. Ya, sebenarnya untuk menghasilkan foto yang jauh lebih tajam dan bagus tidaklah sulit. Karena banyak trik dan cara yang bisa anda coba untuk menghasilkan foto terbaik ini. Bahkan meskipun anda menggunakan kamera handphone ataupun kamera saku pun hasil foto yang dihasilkan bisa jauh lebih tajam.



Apa sajakah trik dan cara mengambil foto agar lebih tajam? Berikut ini beberapa diantaranya.
1. Tripot

Salah satu alat pembantu dalam fotografi yang paling dibutuhkan adalah tripot. Alat yang digunakan untuk menyangga kamera ini akan membantu kamera menjadi lebih stabil. Sehingga foto yang dihasilkan nantinya tidak akan blur sebab posisi pengambilan foto yang tergoyah.

2. Kabel rilis
Selain tripot, saat ini pun sudah banyak dijumpai inovasi terbaru dari dunia fotografi yaitu kabel rilis atau cable release. Kabel yang digunakan untuk membantu anda menekan tombol shutter tanpa harus menjangkaunya ini akan sangat membantu keseimbangan kamera. Ya, sering kali saat objek sudah siap kamera akan begitu saja tergoyah hanya karena pemegang kamera hendak menekan tombol shutter. Nah untuk versi terbarunya sendiri, kabel release saat ini sudah ada yang berjenis nirkabel.

3. Gunakan timer
Trik berikutnya untuk menghasilkan foto yang jauh lebih tajam yaitu pemanfaatan timer. Yap, fitur yang pasti terdapat pada setiap kamera ini bisa anda manfaatkan untuk menjaga keseimbangan pegangan kamera. Pada foto selfie pun fitur ini akan sangat membantu, yaitu dengan mengatur self timer pada kamera depan anda.

4. Aktifkan stabilizer
Untuk menambah ketajaman foto yang dihasilkan, saat ini sudah banyak kamera yang dibekali dengan fiturstabilizer maksimal. Bahkan untuk kamera handphone pun sudah banyak yang dibekali dengan fitur ini. Nah image stabilizition atau vibratuon reduction ini pun bisa anda atur. Dan jika anda menggunakan tripot sebaiknya atur pada IS/VR.

5. Mirror Lock Up
Jika anda mengambil foto menggunakan DSLR, pasti anda akan menjumpai mirror untuk menampilkan gambar di viewfinder. Fitur ini sendiri dibuat untuk mengunci cermin agar tidak bergoyang ketika kamera digunakan untuk pengambilan exposure. Nah ketika fitur mirror lock up ini aktif, maka goyangan cermin akan berdampak pada ketajaman gambar (meskipun tidak banyak).

6. Depht of field cukup
Foto yang kurang tajam bisa saja dikarenakan depht of field yang terlalu sempit, oleh karena itu anda bisa memanfaatkan tombol DOF Preview untuk memeriksanya. Dan untuk mengetahuinya, anda bisa menggunakan DOF calculator yang banyak tersedia di internet.

7. Shutter Speed memadai
Yap, shutter speed yang anda gunakan untuk pengambilan foto tajam idelanya adalah shutter speed tercepat. Sehingga gambar yang dihasilkan pun jauh lebih jelas dan tajam.
Jadi selamat mencoba.