Sunday, June 17, 2018

Beberapa Fakta tentang Pencahayaan dalam Fotografi


Sumber cahaya dan fotografi merupakan 2 hal yang sangat berkaitan. Untuk dapat mendapatkan foto yang maksimal, pastikan anda mengetahui beberapa hal tentang pencahayaan. 



Makin luas permukaan sumber cahaya makin lembut pencahayaan yang dihasilkan
Ketika anda menggunakan sumber cahaya dengan permukaan yang sempit, maka cahaya yang dihasilkan akan semakin kuat. Semakin kuat sumber cahaya maka makin besar kemungkinan munculnya bayangan. Sebaliknya, jika sumber cahaya anda memiliki penampang yang luas maka hasil cahaya yang dihasilkan lebih lembut. Makin lembut hasil cahayanya, maka kemungkinan munculnya bayangan main kecil, mengurangi kontras warna dan menekan tekstur yang dihasilkan pada gambar. 

Pengaruh jarak cahaya dengan objek
Satu hal lain yang perlu anda ketahui mengenai pencahayaan dan hubungannya dengan fotografi adalah mengenai jarak sumber cahaya dengan objek. Makin dekat sumber cahaya dengan objek maka makin kuat cahaya yang akan diterima oleh objek. Hal ini juga berlaku sebaliknya. 

Gunakan reflektor
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sumber cahaya yang terlalu sempit akan menghasilkan cahaya yang terlalu kuat untuk objek. Untuk mengakalinya anda bisa menggunakan reflektor yang akan memancarkan cahaya ke objek. Gunakan reflektor yang lebar sehingga cahaya dapat terdifusi dan terpantul dengan lebih baik ke objek. Jika anda menggunakan reflektor cahaya yang dihasilkan untuk objek akan lebih lembut sehingga hasil jepret anda lebih memuaskan. Reflektor juga bisa digunakan jika anda ingin mendapatkan pencahayaan pada 2 sisi tapi hanya memiliki 2 sumber cahaya saja. Makin berkilau reflektor makin kuat pantulan cahaya yang dihasilkannya. Jika anda ingin cahaya refleksi yang lebih lembut, gunakan reflektor berwarna putih. 

Eksperimen dengan backlight
Selain pencahayaan dari depan, anda juga bisa menggunakan pencahayaan dari belakang. Pencahayaan dari belakang akan membantu anda mendapatkan siluet dari objek. Jika anda menggunakan backlight dan juga front light, anda bisa mendapatkan gambar yang terang dan fokus pada objek anda. Tapi jika anda tidak menggunakan pencahayaan dari depan maka anda akan mendapatkan gambar siluet yang mengagumkan. 

Cahaya memiliki warna meski terlihat “putih”

Satu hal yang perlu anda ingat mengenai pencahayaan, yaitu sebuah cahaya memiliki warna meski terlihat putih. Hal ini disebut dengan temperatur warna. Contohnya, pada pagi hari dan sore hari cahaya terlihat lebih kuning atau orange merupakan temperatur warna hangat sedangkan ketika anda berada di tengah hari cahaya putih akan terlihat lebih biru. 

Sebetulnya tidak ada benar dan salah dalam mengatur pencahayaan. Semua pengaturan mengenai pencahayaan ditentukan berdasarkan dengan hasil gambar yang anda inginkan. Jika anda ingin menghasilkan gambar dengan bayangan yang kental menggunakan cahaya yang dengan jarak yang jauh. Anda bisa mencari tips dan trik pengaturan cahaya jika anda menginginkan hasil tertentu.