Tuesday, June 26, 2018

Tips dan Trik Mengenai ISO dalam Fotografi


Salah satu hal penting dalam fotografi adalah mengenai ISO. Apa itu ISO dan mengapa ia penting? Berikut adalah ulasannya.

Mengenai ISO

Dalam dunia fotografi modern dan tradisional, ISO memiliki definisi yang cukup mirip. Pada dunia fotografi tradisional, ISO atau dikenal juga dengan ASA merupakan sebuah definisi sensitivitas sebuah film pada cahaya ia di hitung dengan skala angka. makin tinggi angkanya makin rendah sensitivitas film tersebut. Sedangkan pada dunia fotografi modern atau dunia fotografi digital, ISO dikenal sebagai ukuran sensitivitas dari sensor image. Prinsipnya juga sama, ia di hitung berdasarkan dengan angka dan memiliki prinsip bahwa makin rendah angka maka makin rendah sensitivitas perangkat foto fotografi terhadap cahaya. 



Pengaruh ISO untuk hasil fotografi pada cahaya yang situasi yang sama

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengatur ISO berarti anda mengatur kepekaan kamera anda terhadap cahaya. Makin rendah makin halus noise yang dihasilkan. Noise ini sebetulnya merupakan detail yang di tangkap oleh kamera berdasarkan pencahayaan yang di milikinya. Jadi makin rendah nilai ISO sebetulnya makin rendah juga detail yang akan anda dapatkan dari hasil jepret anda. 

Hukum mengenai pengaturan ISO tidak bisa di patenkan. Maksudnya tidak selalu ISO yang tinggi menghasilkan gambar yang baik karena detail yang dihasilkan lebih tinggi sedangkan ISO yang rendah selalu buruk karena menghasilkan gambar dengan detail yang kurang. Jika anda mengambil gambar pada waktu yang sama dengan pencahayaan yang sama rendahnya, maka menggunakan settingan ISO tinggi akan membantu anda menangkap objek lebih detail dibandingkan dengan ISO yang rendah. Sedangkan jika anda berada di luar ruangan dengan intensitas cahaya yang tinggi maka penggunaan ISO yang lebih rendah akan membantu anda menghasilkan gambar yang lebih baik. 

Kapan menggunakan ISO rendah dan kapan menggunakan ISO tinggi?

Diatas telah disebutkan mengenai pengaruh cahaya dan ISO dalam pengambilan sebuah gambar. Tapi penentuan penggunaan ISO tidak hanya ditentukan oleh hal itu. Hal lainnya yang perlu anda perhatikan adalah mengenai objek yang akan anda foto. Jika anda diminta untuk mendokumentasikan sebuah pertandingan dalam ruangan dengan objek pemain bola yang memiliki gerakan yang cepat maka penggunaan ISO yang tinggi akan membantu anda. Hal ini disebabkan karena tujuan foto anda adalah untuk menangkap moment dalam pertandingan dengan jelas dan detail yang baik. Tapi jika anda ingin menggunakan hasil foto untuk sebuah seni dimana anda tidak membutuhkan detail yang kuat tapi malah membutuhkan detail yang minim maka anda tentu akan lebih beruntung jika menggunakan ISO rendah. 

Lalu kapan anda menggunakan ISO rendah? ISO rendah akan sangat bermanfaat ketika sumber cahaya anda sangat dekat atau sangat terang. Penggunaan ISO yang rendah akan sangat membantu anda menghasilkan gambar yang lebih hangat.