Tuesday, October 9, 2018

Tips Melakukan Pengaturan Pada Kamera DSLR


Menggunakan kamera DSLR memang membutuhkan waktu penyesuaian dan latihan agar anda bisa menggunakannya secara tepat, apalagi pengaplikasiannya memang ada beberapa poin yang perlu disetting agar dapat membidik gambar dengan hasil optimal. Maka anda perlu memahami dengan baik setting dasar yang harus dilakukan saat akan menggunakan kamera DSLR. 


Menggunakan Fill Flash
Jika anda sedang mengambil foto di siang hari apalagi saat cahaya matahari sangat terik maka selain memberikan pengaruh terhadap objek foto tetapi juga memberikan beberapa bagian gambar yang memiliki bayangan gelap. Maka anda harus membuat setting flash pada kamera menjadi fill flash agar bagian yang terkena bayangan gelap akan memiliki cahaya yang cukup untuk menghasilkan foto lebih sempurna. Anda perlu membaca manual kamera untuk menemukan bagaimana setting fill flashnya karena setiap jenis atau merk biasanya memiliki cara yang berbeda. 

Memainkan White Balance
White balance sebenarnya dapat digunakan secara otomatis karena kamera akan menganalisa jumlah cahaya dan kemudian otomatis melakukan pengaturan cahaya agar hasil fotonya lebih optimal. Memang seharusnya white balance dapat secara langsung menghasilkan pencahayaan gambar yang optimal tetapi terkadang juga tidak, sehingga anda perlu mengenali dengan baik pengaturan white balance yang tepat untuk kamera yang akan digunakan. 

Aperture Terkecil
Pengaturan aperture pada kamera ini akan membantu dalam melakukan kontrol pada berbagai mekanisme pada lensa anda, selain itu aperture juga bisa berfungsi untuk mengubah jumlah cahaya dari sensor. Penggunaan aperture terkecil pada kamera anda akan membantu untuk menghasil foto yang lebih fokus, namun jika anda menggunakan aperture terbesar maka dapat diaplikasikan untuk hasil foto blur di bagian belakang atau depan dengan mengurangi kecepatan shutter speed.

ISO Rendah Untuk Awal Pemotretan
Semakin rendah nilai ISO yang digunakan maka akan semakin rendah tingkat kepekaan kamera tersebut terhadap cahaya di sekitarnya. Anda bisa memulai sebuah pemotretan dengan menggunakan ISO yang rendah dan menyesuaikannya jika memang kurang tepat hasilnya. Tentunya dalam pengaturan penggunaan ISO yang tepat ini harus disesuaikan dengan kondisi pencahayaan yang ada di lokasi pemotretan. 

Mengatasi Cahaya Berlebih Dengan Shutter Speed
Jika anda sedang memotret di luar dengan cahaya matahari sangat terik maka bisa diatasi dengan meningkatkan shutter speed dan menurunkan aperture untuk melindungi sensor kamera dari cahaya berlebihan. Dengan teknik ini cahaya yang masuk ke kamera akan lebih sedikit dan memaksimalkan hasil jepretan anda.
Pengaturan tersebut memang membutuhkan waktu penyesuaian selama anda menggunakan kamera tersebut. Maka sangat penting untuk mempelajari setiap fitur atau spesifikasi kamera agar dapat melakukan setting yang tepat sesuai dengan kebutuhan pemotretan yang akan dilakukan agar hasilnya optimal.