Sunday, December 9, 2018

Tips Dan Trik Kamera DSLR Mengenai Cara Penggunaannya Untuk Menghasilkan Gambar Profesional


Banyak orang yang ingin bisa menggunakan kamera DSLR dengan sangat baik. Meskipun kamera DSLR bukan menjadi salah satu bagian pekerjannya, akan tetapi, bisa menangkap gambar sangat jernih dengan menggunakan kamera DSLR merupakan sesuatu hal yang membanggakan. Dan semakin banyak mempelajari cara mengambil gambar dengan kamera DSLR maka, akan semakin cepat dalam meningkatkan kualitas kemampuan diri.
 
Tips Dan Trik Kamera DSLR Mengenai Cara Penggunaannya Untuk Menghasilkan Gambar Profesional
Anda pasti bisa belajar cepat menggunakan kamera DSLR. Berikut ini artikel mengenai beberapa tips dan trik kamera DSLR bagi Anda yang pemula maupun profesional dalam menggunakan kamera DSLR untuk dapat meningkatkan kualitas hasil foto maupun video. Semakin sering Anda mempraktekkannya, semakin cepat Anda ahli menggunakannya.

Melakukan Pengaturan Pada Nilai ISO
Buat Anda yang sudah sering berkutat dengan kamera DSLR, pastinya tahu apa itu ISO. Memainkan ISO saat pengambilan gambar bisa mempengaruhi terhadap hasil gambar tersebut. Nilai ISO yang tinggi tidak dianjurkan untuk digunakan untuk mendapatkan hasil yang baik. Saat nilai ISO ditingkatkan maka, sensivitas sensor di dalam kamera juga meningkat. Sehingga, Anda bisa menangkap gambar dalam keadaan gelap.
Akan tetapi, bintik-bintik hitam pada gambar juga meningkat. Oleh karena itu, pengeditan setelah mengambil gambar juga sangat diperlukan untuk menghilangkan hasil dari efek-efek kamera.

Manfaatkan Dengan Baik Pegangan Kamera
Pegangan kamera bukan hanya sekadar pegangan biasa. Ada beberapa orang yang tidak terlalu mempedulikan keberadaan pegangan kamera karena terlalu ribet untuk selalu dibawa ke mana saja. Memang seperti itu, akan tetapi, adanya pegangan kamera dapat menyeimbangan kamera pada saat digunakan. Terutama bagi Anda yang menggunakan kamera berlensa panjang. Itu akan membuat kamera Anda tidak goyang saat mengambil gambar maupun video.

Menggunakan Fokus Manual
Terkadang ada saatnya pengguna kamera DSLR tidak bisa mendapatkan fokus karena tempatnya yang tidak tepat. Saat seperti itu, Anda bisa menggunakan fokus manual yang terdapat pada kamera DSLR. Cukup menghidupkan fokus manual dengan memutar bulatan fokus berbentuk seperti cincin yang ada di bagian atas kamera DSLR. Putar hingga Anda bisa mendapatkan fokus dengan benar. Tidak hanya itu saja, fokus manual juga mempercepat Anda mendapatkan titik fokus.

Menekan Tombol Shutter Kamera Secara Setengah
Ini merupakan trik sederhana yang bisa langsung dipraktekkan oleh para pemula. Ada dua cara untuk menekan tombol shutter sesuai dengan kebutuhan. Tekan tombol shutter setengah berfungsi untuk mengunci fokus dengan tanda signal berlampu hijau yang memberitahukan bahwa gambar telah fokus. Tekan tombol shutter penuh berfungsi untuk mendapatkan gambar yang sudah Anda cari fokus sebelumnya. Lalu praktekkan.
Tips dan trik kamera DSLR di atas cukup mudah untuk dipraktekkan bagi para pemula maupun fotografer profesional.